default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Cegah Pelanggaran Hukum Warga Merak Situbondo Perlu Sentuhan Edukasi

Cegah Pelanggaran Hukum Warga Merak Situbondo Perlu Sentuhan Edukasi
Peristiwa Daerah
Gus Fauzi
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO- Tokoh masyarakat Kampung Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur , Gus Fauzi menyatakan bahwa warga setempat perlu terus diberi edukasi perihal kesadaran hukum. Hal itu disampaikan pada suaraindonesia.co.id, Selasa (22/10/2019) pagi.

Menurut dia, bukan tanpa alasan hal itu ditekankan karena melihat fenomena yang terjadi cukup lama adanya dugaan pelanggaran hukum yang terkesan kurang ada tindakan tegas.

"Ada sekian kasus yang semestinya bisa diproses hukum kemudian diredam atas nama kondusivitas. Walau sebenarnya banyak masyarakat berharap ada ketegasan terhadap pelakunya. Upaya perdamaian atas suatu persoalan dugaan pelanggaran hukum tentu menjadi pilihan utama, namun di satu sisi terkadang hal itu mendorong tidak munculnya efek jera," ucap Gus Fauzi.

Penasehat FARMER (Forum Aspirasi Rakyat Merak) tersebut menambahkan bahwa persoalan-persoalan yang terjadi di daerah terpencil membutuhkan perhatian khusus.

"Namun dari semua itu, tindakan preventif jauh lebih penting. Tidak membodohi masyarakat atau memberi pencerahan dari banyak aspek itu sesuatu yang wajib kita lakukan. Di negara demokrasi dan era keterbukaan kita saat  ini tentu kita semua sama-sama harus peka terhadap persoalan-persoalan, terutama yang menyangkut hajat kepentingan orang banyak," katanya.

Ditambahkan pula, namun ketika ada satu aspek penegakan  hukum yang sifatnya untuk kemaslahatan, tentu wajib dan patut kita  dukung dan kawal penegakan hukum itu.

"Saya contohkan, ada kasus dugaan asusila di Kampung Merak yang pada akhirnya harus dituntaskan ke ranah hukum. Karena ini ibarat , harus membuka kotak pandora atas kasus semacam ini yang harus kita selesaikan. Dan saat ini kami mengawal proses penegakan hukumnya," pungkasnya.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar